Bagi yang memiliki penyakit darah tinggi wajib untuk mengetahui apa saja makanan yang tidak boleh di makan. Penyakit darah tinggi adalah penyakit yang sudah umum bagi kita. Penyakit darah tinggi ini sangat mudah menyebabkan timbulnya penyakit lain yang sering disebut komplikasi, yaitu penyakit ginjal, penyakit stroke, penyakit mata dan penyakit jantung. Melihat banyaknya penyakit lain yang bisa terjadi bagi penderita darah tinggi , maka lebih baik mengetahui makanan yang tidak boleh dikonsumsi bagi yang memiliki penyakit darah tinggi karna bisa memudahkan untuk menghambat penyakit tersebut.

Inilah makanan yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita darah tinggi :

  1. Mengurangi Konsumsi Garam

Garam merupakan salah satu yang wajib dihindari. Garam memiliki kandungan yang tinggi pada darah pengidap darah tinggi tentu mengakibatkan meningkatkan tekanan darah yang diakibatkan pada sifat garam yang bisa menyerap air. Tetapi bukan maksudnya anda tidak dapat mengkonsumsi garam seluruhnya. Penelitian mengatakan bagi penderita penyakit darah tinggi jika mengkonsumsi garam sebanyak 6 gram saja. Apabila menginginkan hasilnya yang lebih baik diusahakan asupan garamnya lebih sedikit dari takaran 6 gram perhari. Maka, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri dibandingkan membeli makanan yang dijual di luar, sebab anda bisa mengatur asupan garam yang anda gunakan.

  1. Makanan yang dikemas dalam kaleng

Makanan kaleng yang terbuat dari bahan pengawet memiliki dari bahan yang bisa menciptkan garam. Maka inilah alasan kenapa makanan kaleng termasuk tang tidak boleh di konsumsi bagi penderita penyakit darah tinggi. Memang rasa pada makanan kaleng tidak memiliki rasa yang tidak terlalu asin, tetapi tetap berhati-hati sebab kandungan garam yang dimilikinya melimpah.

  1. Produk Dari Bahan Daging Buatan Atau Olahan

Produk yang dari bahan daging olahan memiliki banyak kandungan garam supaya daging tersebut tahan lama. Jauhkan makanan ini yaitu kornet, nugget, sosis, dendeng dan daging buatan lainnya. Sama dengan makanan kaleng walaupun tidak memiliki rasa yang tidak begitu asin  tetapi asupan garam tersebut memiliki kandungan yang tinggi.

Lihat informasi tentang obat batu empedu tanpa operasi yang terbuat dari bahan bahan alami.

  1. Minuman Yang Mengandung Kafein

Teh dan kopi yang memilki kandungan kafein dianjurkan supaya dibatsi untuk mengkonsumsinya bagi yang pengidap darah tinggi. Minuman yang berkafein memilki dampak meningkatkan tekanan darah di dalam  waktu yang sementara bagi waktu yang sementara juga. Sebab meminum yang memilki kandungan kafein lebaik baik dikurangi supaya bisa mengendalikan tekanan darah. Contoh minuman yang memiliki kafein yaitu teh, cokelat, kopi, soda dan minuman yang menambah energi.

  1. Daging Yang Berwarna Merah

Memang kita memiliki pikiran memakan daging sapi tidak memiliki lemak merupakan makanan yang baik. Tetapi daging sapi yang tergolong daging merah yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi yang tidak bagus bagi pembuluh darah dan jantung. Contoh daging merah yang tergolong kelompok tersebut yaitu daging kambing, daging sapi dan nyaris semua daging  hewan menyusui lainnya. Larangan makanan yang ini tidakbisa dianggap sepele dan lakukanlah dengan untuk tidak mengkonsumsinya.

  1. Makanan Acar dan Asinan

Makanan acar dan asinan memang diolah dari buah. Tetapi tidak lupa dengan kuah dan cara pengolahannnya yang dicampur banyak garam. Makanan yang menyegarkan ini sering di sangka makanan sehat pengiring sate, chinesse food dan lainnya. Tetapi garam yang dimilikinya, makanan acar dan asinan tersebut menjadikan makanan yang dilarang untuk dikonsumsi bagi penderita darah tinggi.

Melawan penyakit darah tinggi adalah tindakan yang harus dilakukan untuk pengidapnya. Karena penyakit komplikasi yang bisa dimunculkan bagi penyakit tersebut merupakan penyakit yang serius dan tidak main-main. Membatasi hingga dilarang mengkonsumsi makanan yang tidak boleh dimakan bagi penderita darah tinggi merupakan perihal yang paling dianjurkan dari institusi kesehatan di Indonesia hingga di semua dunia. Jangan smapai lupa membatasi untuk mengkonsumsi makanan yang berpengawet, garam, makanan yang berlemak serta makanan dan minuman yang manis. Dan sering melakukan aktivitas tubuh yang rutin hingga melakukan usaha untuk mengurangi berat badan juga bisa meringankan penurunan tekanan darah. Membatasi alkohol dan rokok juga bisa menurunkan tekanan darah. Dan jangan sampai lupa untuk mengkonsumsi obat darah tinggi secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *