Alupkat Memiliki Kandungan Lemak Sehat
Buah Alpukat

Banyak orang selalu beranggapan bahwa lemak merupakan musuh terjahat bagi tubuh kita. Salah satu akibat dari kelebihan lemak tersebut adalah badan yang gemuk, dan dampak yang paling bahaya adalah dapat menyebabkan gangguan pada organ jantung. Namun kita tak boleh serta merta beranggapan bahwa lemak selalu tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Karena pastinya tubuh kita juga membutuhkan lemak dan jika tak tercukupi dengan baik maka dapat berdampak buruk pula bagi kesehatan. Meski jelas bahwa mengonsumsi lemak secara berlebihan tidak baik karena dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan stroke. Namun tubuh tetap memerlukan asupan lemak, namun asupan lemak yang baik bagi tubuh.

Makanan yang Memiliki Kandungan Lemak yang baik yang dapat menyehatkan untuk tubuh kita.

Buah Alpukat
Makanan yang pertama yang memiliki kandungan lemak yang sehat adalah buah alpukat. Buah alpukat memiliki kandungan lemak tapi lemak tak jenuh tunggal(monounsaturated) yang sangat baik untuk tubuh serta dapat mennurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Satu buah alpukat ukuran sedang umumnya mengandung 30 gram kadar lemak sehat.

Telur Ayam
Makanan kedua yang dapat kita makan untuk mendapatkan kadar lemak yang baik adalah telur. Telur merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Putih telur lebih sehat dibandingkan telur utuh karena kandungan lemak yang lebih sedikit. Dan meskipun kuning telur mengandung lemak tapi terdapat banyak gizi penting di dalamnya. Satu butir telur mengandung 5 gram lemak, dan hanya 1,5 gram saja yang mengandung lemak jenuh.

Kacang Kacangan
Makanan selanjutnya yang mengandung kadar lemak sehat adalah kacang. Kacang almond, kenari, dan pistachios adalah jenis kacang kacangan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kacang almond sangat kaya akan vitamin E. Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3. Dan kacang pistachio mengandung lutein dan zeaxanthin, serta merupakan jenis kacang yang mengandung lemak lebih sedikit dibandingkan dengan makanan yang lain.

Ikan Tuna dan Salmon
Makanan berikutnya dengan kandungan lemak sehat adalah ikan. Ikan seperti salmon, tuna, sarden, mackerel, dan trout mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menyehatkan tubuh. Menurut American Heart Association, manusia perlu mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan herring, trout, mackerel, salmon, sarden, atau tuna setiap minggunya agar dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Minyak Zaitun
Makanan terakhir yang dapat memberikan kesehatan serta kandungan lemak yang sedikit adalah minyak zaitun. 1 sendok makan minyak zaitun memiliki kandungan 100 kalori. Minyak zaitun juga dikenal dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, tekanan darah, dan beberapa jenis penyakit kanker. Sebuah hasil studi terbaru yang dituangkan dalam Neurology menyebutkan bahwa memasak menggunakan minyak zaitun ini dan digunakan sebagai campuran salad dapat mengurangi risiko terkena stroke.

Itulah beberapa makanan yang memiliki kandungan lemak sehat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita secara alami. Semoga bermanfaat bagi kita para pembaca setia website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *